Dari 480 Ribu Kilometer, 58 Persen Jalan Kabupaten dan Kota Masih Rusak, Jokowi Segera Terbitkan Inpres

- Rabu, 25 Januari 2023 | 19:23 WIB
Salah satu ruas jalan di Desa Petak, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai. Presiden Jokowi akan menerbitkan inpres tentang percepatan peningkatan jalan berstatus kabupaten atau kota. (SANGALU/Alisan)
Salah satu ruas jalan di Desa Petak, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai. Presiden Jokowi akan menerbitkan inpres tentang percepatan peningkatan jalan berstatus kabupaten atau kota. (SANGALU/Alisan)


SANGALU
- Meski dana transfer ke daerah setiap tahunnya, tetapi infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan daerah masih banyak yang mengalami kerusakan.

Pemerintah pusat mencatat, jalan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten dan kota sebanyak 58 persen masih rusak dari 58 ribu kilometer, hanya 42 persen dalam kondisi mantap atau baik.

Karena itu, untuk mendorong percepat peningkatan jalan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten dan kota, Presiden Jokowi akan segera menerbitkan instruksi presiden (inpres).

Baca Juga: Ramalan Bintang Zodiak Leo, Kamis 26 Januari 2023: Krisis Berakhir, Orang akan Terkesan

Rencana penerbitan inpres untuk peningkatan jalan yang menjadi kewenangan daerah telah dibahas dalam rapat terbatas antara Presiden Jokowi, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Rabu, 25 Januari 2023.

“Tadi kami baru saja melakukan mengadakan rapat internal yang langsung dipimpin oleh Bapak Presiden terkait dengan percepatan pembangunan, tepatnya mungkin perawatan jalan-jalan existing di daerah. Tadi telah diputuskan akan ada inpres untuk jalan daerah yang ruas-ruas jalannya tentu akan diputuskan bersama,” ujar Kepala Bappenas dikutip dari laman resmi Setkab.

Suharso mengungkapkan, dari sekitar 480 ribu kilometer jalan kabupaten dan kota yang ada saat ini baru sekitar 42 persen yang dalam kondisi mantap atau di bawah target yang ditetapkan pada RPJMN 2020-2024 yang sebesar 65 persen.

Baca Juga: Ramalan Peruntungan Shio Naga, Ular, Kuda dan Kambing, 26 Januari 2023: Angka Hoki dan Waktu Terbaik

“Dalam RPJMN itu minimal kita ingin mencapai 65 persen dan 65 persen itu tentu tidak hanya menjadi beban daerah tetapi juga menjadi beban kita bersama,” ucapnya.

Suharso menegaskan, percepatan pembangunan jalan daerah tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Bikin SIM C1 dan C2? Simak Syaratnya Disini

Kamis, 26 Januari 2023 | 23:23 WIB
X