Konsumsi Makanan Tinggi Protein Hewani dan Sperma Berkualitas Cegah Anak Stunting

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:54 WIB
Konsumsi Makanan Tinggi Protein Hewani dan Sperma Berkualitas Cegah Anak Stunting.  (Pixabay/Silviarita )
Konsumsi Makanan Tinggi Protein Hewani dan Sperma Berkualitas Cegah Anak Stunting. (Pixabay/Silviarita )


SANGALU
- Wakil Ketua Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Prof. dr. Budi Wiweko, Sp.OG menjelaskan pentingnya protein hewani dalam 270 hari pertama kehidupan atau 9 bulan dapat mencegah anak dari stunting.

Tetapi di luar itu yang juga lebih penting dalam mencegah anak lahir stunting adalah 100 hari sebelum terjadinya kehamilan atau persiapan kehamilan.

Pada masa tersebut calon ibu dianjurkan mengonsumsi tinggi protein untuk persiapan sel telur dan sperma yang berkualitas, sehingga menghasilkan embrio yang baik dan janin yang berkualitas.

Baca Juga: Ramalan Bintang Zodiak Leo, Rabu 25 Januari 2023: Menikmati Kebebasan Bersama Tanggung Jawab

''Studi kita menunjukkan bahwa ibu hamil kita konsumsinya sebagian besar masih karbohidrat, sementara asupan protein masih sangat kurang,'' tuturnya dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Selasa, 24 Januari 2023.

Konsumsi tinggi protein hewani selain mencegah stunting juga dapat menurunkan morbiditas maternal dan perinatal dan mencegah terjadinya pertumbuhan janin terhambat, mencegah terjadinya eklamsia berat.

Ketua Umum PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Piprim Basarah Yanuarso menambahkan pada anak-anak ketika tumbuh kembang ada satu 'saklar' pertumbuhan yang nama nya 'm TOR-C'.

Baca Juga: Ramalan Bintang Zodiak Cancer, Rabu 25 Januari 2023: Membutuhkan Bantuan

"M TOR-C hanya akan dinyalakan 'saklar' pertumbuhannya ketika kadar asam amino dalam darahnya itu cukup tinggi dan asam amino esensial ini sumbernya adalah dari protein hewani,'' ujar dr. Piprim.

Sementara itu, Pelaksana tugas Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kemenkes Ni Made Diah mengatakan penyebab utama permasalahan gizi adalah asupan gizi yang tidak optimal dan infeksi berulang.

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Bikin SIM C1 dan C2? Simak Syaratnya Disini

Kamis, 26 Januari 2023 | 23:23 WIB
X