• Senin, 28 November 2022

Wakil Mendagri Singgung Kinerja TPID, Minta Pemda Umumkan Inflasi Setiap Bulan

- Rabu, 14 September 2022 | 17:36 WIB
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Wakil Mendagri John Wempi Wetipo  di sela Rakorpusda pengendalian inflasi pada Rabu, 14 September 2022.  (SANGALU/HO-Pemprov Sulteng)
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Wakil Mendagri John Wempi Wetipo di sela Rakorpusda pengendalian inflasi pada Rabu, 14 September 2022. (SANGALU/HO-Pemprov Sulteng)

SANGALU - Wakil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) John Wempi Wetipo menyinggung kinerja tim penanggulangan inflasi daerah (TPID) dan kinerja Pemda dalam pemantauan harga bahan pokok.

John Wempi menyatakan, Pemda harus meningkatkan kinerja TPID dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, serta merespons cepat atas perkembangan harga dari waktu ke waktu.  

Hal itu ditegaskan John Wempi saat Rakorpusda pengendalian inflasi 2022 bertajuk "Sinergi dan Inovasi untuk Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan: Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada Rabu, 24 September 2022.

Baca Juga: Jelang Akhir, Satgas Madago Raya Beri Reward 8 Warga Parimo

Johhm Wempi mengungkapkan, berbagai kunci penting itu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi kepada Pemda yang disampaikan dalam Rakornas pengendalian inflasi pada 18 Agustus 2022. 

Arahan itu di antaranya agar Pemda menjaga keterjangkauan harga komoditas pangan, menambah pasokan komoditas pangan yang harganya bergejolak, memperlancar distribusi pasokan komoditas pangan, serta melakukan komunikasi yang efektif dan positif.

Presiden Jokowi, tambah Wempi, mengharapkan Pemda melaksanakan kerja sama antar daerah untuk menjamin ketersediaan pasokan pangan pokok antarwaktu dan antarwilayah. 

Baca Juga: Soal Tahanan Meninggal dan Amukan Warga, Ini Penjelasan Kapolsek Balantak: Komplikasi Parah

Selain itu, Pemda perlu mendukung terciptanya ekosistem stabilitas harga dengan menjaga keseimbangan dari sisi pasokan produsen dan konsumen serta mendorong produktivitas pangan.

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering

Sabtu, 26 November 2022 | 17:41 WIB

Joe Biden Bawa The Beast ke Bali, Ada Andil Bea Cukai

Selasa, 22 November 2022 | 22:32 WIB
X