• Senin, 28 November 2022

Selangkah Lebih Maju, Baleg DPR RI Dengarkan Usulan RUU Pembentukan DOB Tomini Raya, Parigi, dan Moutong

- Jumat, 2 September 2022 | 14:01 WIB
Wakil Ketua Baleg DPR RI, Abdul Wahid. Baleg melaksanakan Rapat Pleno untuk mendengarkan usulan DOB Tomini Raya, Parigi, dan Moutong.  (DPR RI)
Wakil Ketua Baleg DPR RI, Abdul Wahid. Baleg melaksanakan Rapat Pleno untuk mendengarkan usulan DOB Tomini Raya, Parigi, dan Moutong. (DPR RI)

SANGALU - Upaya pemekaran Daerah Otonomi Baru atau DOB Kabupaten Tomini Raya, Parigi, dan Moutong, selangkah lebih maju.

Baleg DPR RI telah melaksanakan Rapat Pleno untuk mendengarkan usulan Anggota DPR RI Supratman Andi Agtas selaku pengusul RUU tentang DOB pembentukan Kabupaten Tomini Raya, Parigi, dan Moutong di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Kamis, 1 September 2022. 

Dalam kesempatan itu, Supratman Andi Agtas memaparkan urgensi dari RUU pembentukan DOB Kabupaten Tomini Raya, RUU Pembentukan Kabupaten Parigi, dan RUU Pembentukan Kabupaten Moutong di Sulteng.

Baca Juga: Heboh Terduga Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi Dihajar Massa di Kampus Untika, Begini Kronologisnya!

Baleg menerima surat dari pengusul Nomor Surat B/05/LG.0101/08/2022 tanggal 8 Agustus 2022 perihal usulan pengharmonisasin, pembulatan dan pemantapan konsepsi tiga RUU tentang kabupaten,” kata Wakil Ketua Baleg DPR RI Abdul Wahid saat memimpin Rapat Pleno di Ruang Rapat Baleg DPR RI, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta.

Menurut Wahid, usulan RUU DOB ini adalah aspirasi masyarkat yang diperjuangkan Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas

"Ini adalah keinginan besar rakyat. Pemekaran (wilayah) ini adalah akses untuk memajukan sebuah daerah dengan memperpendek rentang kendali dari pemerintah. Membentuk pemerintah baru adalah sebuah jawaban terhadap problematika yang ada di masyarakat kita,” kata Wahid.

Baca Juga: Harga Semen Tonasa Melonjak di Luwuk Banggai, Disperindag Angkat Tangan, Distributor Mengaku Rugi

Untuk itu, lanjut Wahid, semua penjelasan, masukan dan pandangan yang telah disampaikan pengusul dan Anggota Baleg akan menjadi bahan masukan dalam pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi tiga RUU pembentukan daerah otonomi baru tersebut. 

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering

Sabtu, 26 November 2022 | 17:41 WIB

Joe Biden Bawa The Beast ke Bali, Ada Andil Bea Cukai

Selasa, 22 November 2022 | 22:32 WIB
X