• Senin, 28 November 2022

Subsidi BBM Dialihkan ke Bantalan Sosial untuk Masyarakat, Salah Satunya Disalurkan Lewat Pemda

- Senin, 29 Agustus 2022 | 13:57 WIB
Menkeu Sri Mulyani didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Mensos Tri Rismaharini memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin, 29 Agustus 2022. (SANGALU/HO-Humas Setkab)
Menkeu Sri Mulyani didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Mensos Tri Rismaharini memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin, 29 Agustus 2022. (SANGALU/HO-Humas Setkab)

SANGALU - Pemerintah rencananya akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Di sisi lain, pemerintah juga menyiapkan bantalan sosial tambahan.

Jumlahnya sebesar Rp24,17 triliun sekaligus mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) agar tepat sasaran. Dari tiga jenis bantuan, salah satunya disalurkan lewat pemerintah daerah (Pemda).

Kebijakan bantalan sosial diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global.

Baca Juga: Polisi Pukul Pemuda Balut, Kapolres Bangkep Minta Maaf dan Sebut Pelaku Sudah Dijemput Propam

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada Senin, 29 Agustus 2022, di Kantor Presiden, Jakarta, usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

“Total bantalan sosial yang tadi ditetapkan oleh Bapak Presiden untuk bisa dieksekusi mulai dilakukan pada minggu ini adalah sebesar Rp24,17 triliun. Ini diharapkan akan bisa mengurangi tentu tekanan kepada masyarakat dan bahkan mengurangi kemiskinan,” ujar Sri Mulyani.

Diktutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Menkeu memaparkan, pemerintah akan menyalurkan tiga jenis bantalan sosial tambahan.

Pertama, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan alokasi anggaran sebesar Rp12,4 triliun dan menyasar 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). BLT ini disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui PT. Pos Indonesia.

Baca Juga: Barcelona Harus Jual Pemain Jika Ingin Datangkan Dua Pemain Baru

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering

Sabtu, 26 November 2022 | 17:41 WIB

Joe Biden Bawa The Beast ke Bali, Ada Andil Bea Cukai

Selasa, 22 November 2022 | 22:32 WIB
X