• Jumat, 7 Oktober 2022

Kemenkeu Telah Salurkan Rp31,15 Triliun Dana BOS

- Senin, 18 Juli 2022 | 11:29 WIB
Ilustrasi -  Kemenkeu Telah Salurkan Rp31,15 Triliun Dana BOS. (SANGALU/Alisan)
Ilustrasi - Kemenkeu Telah Salurkan Rp31,15 Triliun Dana BOS. (SANGALU/Alisan)

SANGALU - Menyambut siswa baru, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah di seluruh Indonesia.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu menyebutkan, per 8 Juli 2022 total dana BOS yang telah disalurkan mencapai Rp31,15 triliun atau 57,79 persen dari total pagu.

"Sekolah boleh libur, tetapi penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jalan terus," tulis Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu di akun Twitter resminya, @djpbkemenkeuri pada Kamis, 14 Juli 2022.

Baca Juga: Tabrakan Maut di Batui Selatan, Pemotor Tewas Terlindas Truk

Dari total Rp31,15 triliun, BOS reguler sebesar Rp30,51 triliun untuk 378.945 sekolah, sementara BOS kinerja sebesar Rp642,78 miliar untuk 7.329 sekolah. Total

Dana BOS antara lain dapat digunakan untuk kegiatan penerimaan peserta didik baru, juga untuk pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dan penyediaan peralatan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan makin lancar. 

Sesuai dengan Permendikbud Ristek Nomor 2 tahun 2022, dana BOS bisa digunakan untuk penerimaan peserta didik baru, pengembangan perpustakaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler.

Baca Juga: Pelanggan Protes Air Bersih Belum Mengalir di Luwuk, Direktur PDAM: Sudah Kami Tuntaskan!

Selain itu, asesmen dan evaluasi pembelajaran, pelaksanaan administrasi sekolah, pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan, pembiayaan langganan daya dan jasa, pemeliharaan saran dan prasarana sekolah, serta penyediaan alat multimedia pembelajaran. 

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Kemenkeu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X