• Jumat, 7 Oktober 2022

Penyaluran KUR BRI Efektif Bantu UMKM Kembangkan Usaha di Masa Pandemi Covid-19

- Minggu, 10 Juli 2022 | 22:23 WIB
Penyaluran KUR BRI dinilai sangat efektif bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. (SANGALU/ HO- BRI)
Penyaluran KUR BRI dinilai sangat efektif bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. (SANGALU/ HO- BRI)

SANGALU – Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dinilai sangat efektif bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini didasarkan oleh hasil riset dari Badan Riset dan Inovasi Nasional terkait penyaluran KUR di masa pandemi Covid-19.

Dari hasil riset BRIN tersebut, KUR berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha. Secara umum, pendapatan usaha meningkat sebesar 50 persen. Selain itu, semakin besar nilai KUR yang diterima, maka potensi pendapatan yang meningkat mencapai 33 persen.

Tak hanya itu, penerima KUR juga berpotensi meningkatkan keuntungan bersih sebesar 35 persen atau kenaikan keuntungan 30 persen setiap ada peningkatan nilai KUR Rp1 juta.

BrBaca Juga: Tegas! BRI Bantah Aplikasi BRImo Dibobol dan Sebabkan Puluhan Juta Uang Nasabah di Bali Hilang

Akses terhadap KUR juga berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja rata-rata sebanyak tiga orang.

Adapun proporsi sampel dari riset tersebut, yakni 50 persen segmen mikro, 30 persen segmen kecil, dan 20 persen segmen super mikro melalui lima sektor produksi. Sekitar 57,62 persen responden merupakan pelaku usaha yang berada di Pulau Jawa dan 42,38 persen di luar Pulau Jawa.

Terkait hal tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, target utama penyaluran KUR adalah UMKM yang memang menjadi segmen rentan di masa pandemi. 

Baca Juga: Masih Mau Keluar dari Muhammadiyah?

UMKM adalah segmen yang rentan ketika aktivitas ekonomi dan mobilitas dibatasi. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah saat krisis diarahkan untuk memberikan stimulus kepada UMKM untuk terus bergerak,” kata Sunarso. 

Halaman:

Editor: Stepensopyan Pontoh

Sumber: BRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X