• Sabtu, 13 Agustus 2022

WN Estonia Ditangkap karena Bobol Bank BUMN Senilai Rp300 Juta dengan Metode Skimming di Jakarta

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:20 WIB
Seorang WN Estonia berinisial SP (24) ditangkap Polda Metro Jaya atas pembobolan bank BUMN senilai Rp300 juta di Jakarta. (SANGALU/ HO- PMJ News)
Seorang WN Estonia berinisial SP (24) ditangkap Polda Metro Jaya atas pembobolan bank BUMN senilai Rp300 juta di Jakarta. (SANGALU/ HO- PMJ News)

SANGALU - Seorang warga negara Estonia berinisial SP (24) berhasil ditangkap aparat Kepolisian dari Polda Metro Jaya karena kasus skimming di wilayah Cengkareng dan Kalideres, Jakarta Barat. Pelaku ditangkap setelah meraup uang sejumlah nasabah salah satu bank pada bulan Juni 2022.

“Kasus skimming ini terjadi pada Juni 2022 di wilayah Cengkareng dan Kalideres, Jakarta Barat. Korbannya dalam kasus ini adalah bank BUMN,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan sebagaimana dikutip dari PMJNews, Senin 27 Juni 2022.

Kabid Humas menjelaskan, kejadian bermula saat Bank tersebut menerima aduan dari nasabah terkait hilangnya sejumlah uang pada Juni 2022. Salah satunya berjumlah Rp 300 juta.

Baca Juga: Terdepan Dalam Penerapan Prinsip ESG, BRI Dinilai Unggul di Investasi Hijau

Pihak bank kemudian melakukan penelusuran secara internal dan mendapatkan adanya data transaksi berkait dengan hilangnya uang nasabah tersebut. “Pihak bank melakukan pendataan korban, kemudian dilakukan penyelidikan dan menemukan bahwa transaksi terhadap hilangnya uang itu,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya.

“Ditemukan di beberapa mesin ATM milik korban dalam hal ini bank BUMN tersebut. Hal ini kemudian dilaporkan ke kepolisian,” sambungnya.

Setelah itu, kata Zulpan, penyidik melakukan penyelidikan dan mendapatkan identitas SP selaku pihak yang melakukan transaksi dengan uang milik nasabah tersebut.

Baca Juga: Belum Ada Penyakit Mulut dan Kuku, Banggai Masuk Zona Hijau

Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa SP mentransfer uang milik nasabah Bank BUMN yang hilang itu ke seseorang yang berada di Estonia.

Halaman:

Editor: Stepensopyan Pontoh

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

99 Persen Nasabah Merasa Puas atas Layanan KUR BRI

Selasa, 12 Juli 2022 | 20:51 WIB
X