• Kamis, 19 Mei 2022

Sapi Terjangkit Penyakit Mulut dan Kaki, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan Masyarakat Soal Kelayakan Konsumsi

- Rabu, 11 Mei 2022 | 20:21 WIB
Pemeriksaan sapi di Pasar Hewan Muning untuk mencegah penularan PMK. Sapi Terjangkit Penyakit Mulut dan Kaki, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan Masyarakat Soal Kelayakan Konsumsi. (Bayu/Memo)
Pemeriksaan sapi di Pasar Hewan Muning untuk mencegah penularan PMK. Sapi Terjangkit Penyakit Mulut dan Kaki, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan Masyarakat Soal Kelayakan Konsumsi. (Bayu/Memo)


SANGALU
- Kementan menetapkan terdapat enam kabupaten di Provinsi Aceh dan Jawa Timur yang memiliki sapi terjangkit penyakit mulut dan kaki (PMK).

Hal ini menimbulkan pertanyaan soal kelayakan konsumsi pada hewan ternak sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kaki, apalagi daging sapi begitu akrab dengan warga Indonesia terlebih di hari-hari besar.

Pakar Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Prof Mustofa Helmi pun menjawab soal kelayakan konsumsi daging sapi yang terinfeksi penyakit mulut dan kaki.

Baca Juga: Resmi! Enam Kabupaten Ini Ditetapkan Kementan Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi

Prof Mustofa menerangkan, bahwa daging sapi yang terkena virus PMK aman untuk dikonsumsi dengan syarat harus melalui proses pelayuan terlebih dahulu.

"Proses pelayuan adalah metode dengan cara daging digantung untuk menurunkan PH dari daging," ujar Prof Mustofa, Selasa.

Dengan proses ini, kata dia, kontaminasi dari virus PMK akan menurun secara otomatis lewat proses enziminasi.

Baca Juga: DSLNG Kembali Gelar Vaksinasi Booster untuk Masyarakat Umum

"Jadi aman dikonsumsi masyarakat. Sebetulnya tanpa dilayukan dan langsung dimasak bisa saja, mati semua virusnya. Tapi kan tangan akan mudah tercemar," katanya.

Virus PMK tersebut dikatakan Mustofa memiliki tingkat penularan mencapai 100 persen terhadap sesama hewan. Sehingga, dengan adanya virus ini akan sangat merugikan para peternak secara ekonomi.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X