• Kamis, 19 Mei 2022

Resmi! Enam Kabupaten Ini Ditetapkan Kementan Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi

- Rabu, 11 Mei 2022 | 20:02 WIB
llutrasi - Resmi! Enam Kabupaten Ini Ditetapkan Kementan Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi. (SANGALU/Stephensopyan Pontoh)
llutrasi - Resmi! Enam Kabupaten Ini Ditetapkan Kementan Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi. (SANGALU/Stephensopyan Pontoh)


SANGALU
- Kementerian Pertanian (Kementan) secara resmi menetapkan enam kabupaten di Indonesia terdapat penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

Wilayah atau kabupaten yang terjangkit penyakit mulut dan kuku yang diumumkan Kementan itu tersebar di dua provinsi, yakni Aceh dan Jawa Timur.

"Kementerian Pertanian telah menetapkan dua daerah yang dilanda wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan, dua daerah itu adalah Provinsi Aceh dua kabupaten, dan empat kabupaten di Jawa Timur," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: DSLNG Kembali Gelar Vaksinasi Booster untuk Masyarakat Umum

Hal itu diumumkan Mentan Syahrul Yasin Limpo saat konferensi pers pada Rabu, 11 Mei 2022. Mentan merinci empat wilayah yang dilanda wabah PMK di Jawa Timur yaitu Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto.

Sementara dua kabupaten di Provinsi Aceh, yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Timur.

Menurut data Kementan melaporkan terdapat sekitar 3.205 ekor hewan ternak positif terinfeksi wabah PMK di Jawa Timur dengan kasus kematian mencapai 1,5 persen. Sementara di Aceh, sebanyak 2.226 ekor dengan kasus kematian 1 ekor.

Baca Juga: UMLB Buka Pendaftaran Mahasiswa KKN Angkatan XXXII

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini kata Syahrul menjangkit hewan seperti kambing, sapi, domba, dan babi yang mengakibatkan kuku terbelah.

Mentan menyebut penyakit ini merupakan suatu virus yang dapat menyebar lewat udara airborne maupun kontak langsung.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X