• Kamis, 19 Mei 2022

Wisatawan Asing Berdatangan di Manado Pasca Pembukaan VOA dan Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata

- Sabtu, 30 April 2022 | 11:45 WIB
Wisatawan Asing Berdatangan di Manado Pasca Pembukaan VOA dan Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata. (Dirjen Imigrasi)
Wisatawan Asing Berdatangan di Manado Pasca Pembukaan VOA dan Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata. (Dirjen Imigrasi)

SANGALU - Manado, Sulawesi Utara masih memiliki daya pikat di sektor pariwisata setelah pandemi menghantam 2 tahun belakangan. Imigrasi mencatat terjadi peningkatan kunjungan.

Buktinya, setelah pembukaan fasilitas bebas visa kunjungan dan Visa On Arrival (VOA) mulai menunjukkan perkembangan volume kedatangan wisatawan mancanegara di berbagai Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Termasuk di Bandara Sam Ratulangi di Manado yang kini telah membuka kembali jalur penerbangan internasional dari Singapura. 

Baca Juga: 3.733 Narapidana dan Tahanan di Sulteng Dapat Remisi Idul Fitri

Kepala Subseksi Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Kenneth Rompas mengatakan, penerbangan internasional terjadwal di Bandara Sam Ratulangi setiap hari Rabu dan Jumat.

“Sejak dibukanya bebas visa kunjungan dan Visa On Arrival pada tanggal 6 April memang belum langsung ada penumpang yang menggunakan fasilitas tersebut. Tapi seja 13 April hingga saat ini baru peningkatannya cukup pesat. Tercatat sampai saat ini (data per 26 April 2022) sudah ada 36 orang yang menggunakan fasilitas VOA dan 7 orang menggunakan fasilitas BVK,” ungkap Kenneth pada Rabu, 27 April 2022.

Kenneth melanjutkan, untuk Visa On Arrival paling banyak digunakan oleh warga negara Jerman sebanyak 10 orang, disusul oleh Perancis 6 orang, Swiss 6 orang, Australia 5 orang, United Kingdom 3 orang dan selebihnya Belgia, Finlandia, Polandia, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Amerika Serikat masing-masing sebanyak 1 orang.

Baca Juga: Bertemu di Istana Bogor, Jokowi Ajak PM Jepang Berpartisipasi Dalam Pembangunan IKN

“Pada umumnya pasar yang cukup banyak menjadi pengguna Visa Kunjungan Saat Kedatangan adalah pasar dari Benua Eropa,” ujarnya sebagaimana dilansir dari laman resmi Dirjen Imigrasi Kemenkumham pada Sabtu, 30 April 2022. .

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: imigrasi.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X