• Selasa, 5 Juli 2022

Kemenpan RB Diskualifikasi 359 Peserta Seleksi CPNS, Polisi Tangkap 30 Orang yang Diduga Terlibat Kecurangan

- Senin, 25 April 2022 | 17:37 WIB
Ilustrasi - Kemenpan RB Diskualifikasi 359 Peserta Seleksi CPNS, Polisi Tangkap 30 yang Diduga Terlibat Kecurangan. (Instagram.com/cpnsindonesia.id)
Ilustrasi - Kemenpan RB Diskualifikasi 359 Peserta Seleksi CPNS, Polisi Tangkap 30 yang Diduga Terlibat Kecurangan. (Instagram.com/cpnsindonesia.id)


SANGALU
- Sebanyak 359 peserta seleksi CPNS 2021 didiskualifikasi oleh Kemenpan RB akibat diduga melakukan kecurangan. Selain itu, polisi menangkap 30 orang yang juga diduga terlibat.

Bahkan, Kemenpan RB telah memasukan nama mereka dalam daftar blaclist atau daftar hitam dalam proses perekrutan CPNS di Indonesia.

"Kami tidak akan berhenti mendiskualifikasi kepada calon peserta yang terlibat. Kalau bisa, kami blacklist sekalian, tidak boleh ikut seleksi berikutnya," kata Deputi SDM Kemenpan RB, Alex Denni saat ekspor perkara dugaan kecurangan seleksi CPNS di Aula Bareskrim Mabes Polri, Jakarta pada Senin, 25 April 2022.

Baca Juga: PT KFM dan Pemerintah Desa di Lingkar Tambang Perkuat Sinergitas

Saat ini dikatakan Alex Denni ada 359 orang peserta seleksi CPNS yang terkena diskualifikasi karena berbuat curang saat seleksi.

Setelah kasus terungkap, dilakukan pengembangan perkara lewat pemeriksaan para tersangka, diperoleh lagi 81 orang peserta lain yang lulus seleksi dan diskualifikasi.

Informasi ini sebagaimana dikutip dari artikel Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul 'Kriteria 'Blacklist' Seleksi CPNS, Sejumlah Aplikasi yang Dipakai Peserta CASN' pada Senin, 25 April 2022.

Baca Juga: Reza Arap dan Wendy Walters Diterpa Isu Miring terkait Rumah Tangganya : Kami Baik-baik Saja!

Dijelaskan Alex, pemerintah perlu menerapkan sanksi tegas sebagai bentuk keseriusan dalam reformasi birokrasi. Satu di antara hal yang ditekankan adalah dengan memperbaiki etos kerja ASN.

Kemenpan RB menyatakan komitmen dan serius melakukan reformasi birokrasi serta transformasi ASN menjadi lebih profesional dan berkelas dunia. Hal kata Alex sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X