• Kamis, 19 Mei 2022

Berikut Persyaratan Isoman Pasien Terkonfirmasi Varian Omicron

- Jumat, 21 Januari 2022 | 22:30 WIB
Ilustrasi, pemerintah keluarkan surat edaran, dimana pasien terkonfirmasi varian Omicron dapat lakukan isolasi mandiri di rumah.  (Sumber: freepik)
Ilustrasi, pemerintah keluarkan surat edaran, dimana pasien terkonfirmasi varian Omicron dapat lakukan isolasi mandiri di rumah. (Sumber: freepik)

 

SANGALUPemerintah mengeluarkan surat edaran, bahwa pasien terkonfirmasi varian Omicron bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Namun, ada sejumlah ketentuan yang harus diketahui oleh pasien terkonfirmasi Omicron saat jalani isoman.

Ketentuan terkait isoman pasien terkonfirmasi Omicron tersebut, tercantum dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

 Baca Juga: Berikut Kronologi 87 Jemaah Umrah Terpapar Covid-19, Kemenag: Tiba di Indonesia Jemaah di PCR Lagi

Sebelum itu, Menkes Budi Gunadi sebelumnya telah mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor HK.02.01/MENKES/1391/2021 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 varian Omicron yang ditetapkan pada 30 Desember 2021.

Di dalamnya, terdapat ketentuan yang menyatakan bahwa seluruh kasus probable dan konfirmasi varian Omicron baik yang bergejala maupun tidak bergejala, harus dilakukan isolasi di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan Covid-19.

Namun, berdasarkan beberapa studi awal di Denmark, Afrika Selatan, Kanada, Inggris dan Amerika Serikat saat ini, menunjukkan bahwa risiko perawatan di rumah sakit lebih rendah dibandingkan varian Delta.

Baca Juga: Tiba di Tanah Air, 87 Jemaah Umrah Terpapar Covid-19

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Sumber: Kementerian Kesehatan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X