• Kamis, 19 Mei 2022

IKN di Kalimantan Timur Didukung Jaringan 5G, Kementerian Kominfo: Sistem Smart City

- Kamis, 20 Januari 2022 | 21:52 WIB
Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi (Kementerian Kominfo)
Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi (Kementerian Kominfo)


SANGALU
- Setelah Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara atau IKN disahkan, pemerintah mulai menyiapkan infrastruktur digital, salah satunya perangkat jaringan 5G.

Hal ini dilakukan agar nantinya migrasi perkantoran, IKN telah dilengkapi dengan jaringan 5G yang menunjang komunikasi di wilayah IKN yang terletak di Kalimantan Timur itu.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menerangkan, pihaknya menindaklanjuti pengesahan UU IKN baru sebagai kota yang smart, kompetitif di tingkat global serta mampu menjadi lokomotif transformasi negara Indonesia menuju inovasi teknologi berbasis green economy.

Baca Juga: Ramalan Bintang Zodiak Taurus, 21 Januari 2022 : Saat yang Tepat Berinvestasi

"Kementerian Kominfo siap melakukan pembangunan infrastruktur layanan telekomunikasi untuk mendukung konektifitas dan implementasi sistem Smart City atau Kota Cerdas di IKN Baru," jelas Dedy dalam keterangan pers, Kamis, 20 Januari 2022.

Sampai saat ini, ujar Dedy, Kementerian Kominfo tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses atau lastmile di IKN Baru.

Itu meliputi infrastruktur penunjang perangkat aktif dan perangkat pasif untuk implementasi layanan fixed broadband dan mobile broadband.

Baca Juga: Ramalan Bintang Zodiak Aries, 21 Januari 2022 : Bersiaplah untuk Kabar Baik

Kementerian Kominfo juga telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN baru berdasarkan masterplan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Hal ini sesuai hasil koordinasi antara Kementerian Kominfo dengan pihak terkait dalam rangka penyiapan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi 5G untuk mendukung layanan publik dan penerapan Smart City di IKN Baru.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X