• Selasa, 30 November 2021

Target Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen, Mendagri Soroti Realisasi APBD yang Rendah di Akhir Tahun

- Rabu, 24 November 2021 | 15:37 WIB
Tito Karnavian. (Foto: Puspen Kemendagri)
Tito Karnavian. (Foto: Puspen Kemendagri)

SANGALU -Memasuki akhir tahun, realisasi APBD pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota masih tergolong rendah. Karena itu, Mendagri Tito Karnavian meminta dipercepat  

Berdasarkan data Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri per 19 November 2021 rata-rata persentase realisasi belanja APBD provinsi tahun 2021 sebesar 65,12 persen, APBD kabupaten 61,15 persen, dan kota 59,08 persen.  

“Kita tahu bahwa lebih dari 700 triliun anggaran dari pemerintah pusat itu ditransfer ke daerah, dan daerah juga memiliki ruang fiskal dari pendapatan asli daerah maupun dari sumber lainnya yang sesuai dengan undang-undang,” ujar Mendagri

Baca Juga: Ternyata Pencopet di Sirkuit Mandalika Pernah Beraksi di Sepang Malaysia, Incar Korban Perempuan

Hal itu disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021, Senin, 22 November 2021 secara virtual. 

Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna (SKP) beberapa waktu lalu menginstruksikan percepatan realisasi belanja pemerintah baik APBD dan APBN. 

Realisasi belanja tersebut berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

Baca Juga: Penyebar Video 19 Detik Ditangkap, Terungkap Alasan Pelaku Sampai Unggah 4 Kali di Instagram

Mendagri menyampaikan bahwa belanja daerah membuat uang beredar di tengah masyarakat yang juga berdampak pada peningkatan daya beli dan konsumsi rumah tangga. 

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Di Pekanbaru, Erick Thohir Request Pagi Pulang Pagi

Minggu, 28 November 2021 | 17:18 WIB
X