• Selasa, 30 November 2021

Kemungkinan 80 Persen Penduduk Terinfeksi Delta, Citra Indriani: Dukung Kebijakan PPKM Level 3 Jelang Nataru

- Senin, 22 November 2021 | 22:32 WIB
Ilustrasi Varian Delta Covid-19. Epidemiolog UGM sebut kemungkinan 80 persen penduduk sudah terinfeksi varian Delta. (PIXABAY/Alexandra_Koch)
Ilustrasi Varian Delta Covid-19. Epidemiolog UGM sebut kemungkinan 80 persen penduduk sudah terinfeksi varian Delta. (PIXABAY/Alexandra_Koch)

 

SANGALUEpidemiolog Univeritas Gajah Mada (UGM), Citra Indriani, menyebutkan kemungkinan besar atau sekitar 80 persen penduduk Indonesia sudah terinfeksi oleh varian Delta.

Hal ini, kata Citra Indriani, berdampak pada menurunnya jumlah kasus positif Covid-19.

Menurut Citra Indriani, penurunan drastis kasus Covid-19 ini, karena terbentuknya imunitas kelompok atau herd immunity secara alamiah.

Kondisi saat tubuh memiliki antibodi yang spesifik untuk strain virus tertentu.

 Baca Juga: 29 Provinsi telah Tetapkan UMP, Berikut Daftar dan Besaran Kenaikan

“Infeksi covid lebih dari 50 persen adalah asimtomatis, mungkin 80 persen penduduk kita telah terinfeksi (varian) Delta. Namun, kalau sudah terinfeksi sedemikian banyak, apakah sudah memiliki imunitas kelompok dan tidak ada ancaman gelombang ketiga?” ujar Citra Indriani, pada Sabtu 20 November 2021.

“Sebagian besar infeksi natural membentuk antibodi yang spesifik untuk virus atau strain virus yang menginfeksi, tidak untuk strain yang lain. Sehingga imunitas alamiah yang terbentuk saat ini mungkin tidak bisa kita andalkan apabila kita kedatangan strain yang baru,” lanjutnya.

Selain itu, kata Citra Indriani, upaya percepatan vaksinasi yang gencar dilakukan pemerintah diharapkan meminimalisasi tingkat keparahan apabila terinfeksi kembali.

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Sumber: ugm.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Di Pekanbaru, Erick Thohir Request Pagi Pulang Pagi

Minggu, 28 November 2021 | 17:18 WIB
X