• Minggu, 28 November 2021

Guncangan di Ambarawa dan Salatiga Termasuk Karakter Gempa Swarm, Simak Penjelasan BMKG

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:41 WIB
Ilustrasi gempa Ambarawa - Salatiga. (Twitter/@DaryonoBMKG)
Ilustrasi gempa Ambarawa - Salatiga. (Twitter/@DaryonoBMKG)

SANGALU - Aktivitas gempa di Ambarawa dan Salatiga Jawa Tengah, ternyata masuk kategori gempa swarm sebagaimana penjelasan BMKG

Seperti diketahui, gempa mengguncang wilayah Ambarawa hingga Salatiga mulai Sabtu, 23 Oktober 2021 dan terus terjadi sampai Minggu, 24 Oktober 2021. 

Namun, guncangan memiliki magnitudo kecil, sehingga BMKG meyebut fenomena itu adalah gempa swarm. 

Baca Juga: Wanita yang Diduga Lele PUBG Kembali Muncul, Simak Klarifikasi Soal Video 13 Detik

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, rentetan aktivitas gempa di wilayah Banyubiru, Ambarawa dan Salatiga ini layak disebut gempa swarm.

Daryono melalui akun media sosialnya @DaryonoBMKG menjelaskan gempa swarm ini merupakan gempa yang terjadi sangat banyak tetapi tidak ada gempa yang magnitudonya menonjol sebagai gempa utama.

Gempa swarm terjadi beberapa kali merupakan serangkaian aktivitas gempa dengan magnitudo kecil dan frekuensi kejadian yang sangat tinggi, berlangsung dalam waktu “relatif lama” di suatu kawasan, tanpa ada gempa kuat sebagai gempa utama (mainshock).

Baca Juga: Gempa Jateng: Gedung RSUD Ambarawa Retak, Tenda Darurat Dididirkan di Halaman

"Rata-rata magnitudo gempa relatif kecil, yaitu kurang dr Magnitudo 4,0," sebut Daryono sebagaimana dikutip dari SeputarTangsel.com dalam artikel 'Rentetan Gempa di Ambarawa adalah Karakter Gempa Swarm, Begini Penjelasannya' pada 24 Oktober 2021. 

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Seputar Tangsel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X