• Minggu, 28 November 2021

Ambarawa - Salatiga Diguncang Gempa, Waspada Gunung Api Belum Pernah Meletus di Semarang

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:54 WIB
Titik gempa pertama yang menguncang wilayah Ambarawa - Salatiga, Sabtu 23 Oktober 2021 pagi. (Twitter / @daryonoBMKG)
Titik gempa pertama yang menguncang wilayah Ambarawa - Salatiga, Sabtu 23 Oktober 2021 pagi. (Twitter / @daryonoBMKG)

SANGALU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika membuka fakta terkait gempa yang menguncang beberapa wilayah di Indonesia pagi tadi.

Seperti rangkaian gempa yang menguncang wilayah Ambarawa - Salatiga, pagi tadi.

Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3 tersebut menguncang Kota Salatiga, Banyubiru, Bawen dan Ambarawa pada Sabtu, 23 Oktober 2021 sekira pukul 02.35 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui akun Twitternya @daryonoBMKG mengemukakan bahwa gempa bumi yang terjadi diduga berkaitan dengan gunung api yang ada di wilayah Semarang.

"Hari Sabtu, 23 Oktober 2021 pagi dini hari pukul 00.32.05 WIB wilayah Kota Salatiga, Banyubiru, Bawen, dan Ambarawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG dalam menunjukkan bahwa gempa ini memiliki magnitudo 3,0," tulisnya.

Baca Juga: Wik Wik di Kebun Jagung Bareng ABG 16 Tahun, Pemuda di Banggai Ditangkap saat si Gadis Hamil 5 Bulan

Baca Juga: Baru! Kode Redeem ML Hari Ini, Sabtu 23 Oktober 2021: Ayo Klaim Hadiah Gratis dari Moonton

Daryono menjelaskan episenter terletak pada koordinat 7,296 LS - 110,38568 BT di darat 13 km arah barat laut Kota Salatiga, kedalaman hiposenter 6 km, merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif, iduga kuat pemicu gempa ini adalah Sesar Merbabu Merapi Telomoyo.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shake map) BMKG tampak bahwa dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Ambarawa, Salatiga, Banyubiru, dan Bawen dalam skala intensitas II MMI dimana guncangan dirasakan oleh orang banyak dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman:

Editor: Stepensopyan Pontoh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X