• Minggu, 28 November 2021

Suhu Udara Terasa Jauh Lebih Panas di Kotamu? Berikut Penjelasan Ilmiah dari BMKG

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 18:46 WIB
Ilustrasi cuaca atau suhu udara panas terik (humas.bandung.go.id)
Ilustrasi cuaca atau suhu udara panas terik (humas.bandung.go.id)

SANGALU - Akhir-akhir ini suhu udara di Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah terasa jauh lebih panas ketimbang bulan sebelumnya. Bahkan, weather.com menyebut tingkat suhu udara di Luwuk pada Jumat, 15 Oktober 2021 mencapai 38 derajat celcius.

Lalu apa penyebab suhu udara terasa begitu panas akhir-akhir ini?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Luwuk mengungkapkan bahwa suhu udara terasa jauh lebih panas dikarenakan beberapa faktor.

Fakto-faktor yang mempengaruhi suhu udara terasa jauh lebih panas itu antara lain; temperatur atau tingkat kelembapan udara (RH), kecepatan angin, hingga tinggi dasar awan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sulawesi Tengah, Sabtu 16 Oktober 2021 : Didominasi Cerah Berawan

"Namun dari hasil pengamatan yang ada di kantor kami hari ini untuk ketiga nilai tersebut yakni suhu, RH dan kecepatan angin, masih dalam range nilai normal untuk bulan Oktober ini pak," kata Farhan Mardjun, salah satu Pengamat dan Prakirawan Cuaca BMKG Luwuk.

Hanya saja, penjelasan lain terkait suhu udara yang terasa begitu panas akhir-akhir ini juga dipengaruhi oleh dekatnya garis khatulistiwa dengan matahari.

"Dari hasil koordinasi kami, faktor utama penyebab panasnya pada bulan Oktober ini lebih terasa daripada sebelumnya dikarenakan pada dasarnya sekitar bulan Akhir September sampai awal Oktober Matahari berada lebih dekat dengan khatulistiwa," jelasnya.

Baca Juga: Ramalan Bintang Libra, Minggu 17 Oktober 2021 : Menemukan Pasangan yang Lebih Baik

Halaman:

Editor: Stepensopyan Pontoh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X