• Senin, 18 Oktober 2021

Presiden Jokowi Lantik Megawati Sebagai Dewan Pengarah BRIN, Prof Azyumardi Azra: Bernasib Sama seperti BPIP

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:31 WIB
Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 13 Oktober 2021. (BPMI Setpres/Lukas)
Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 13 Oktober 2021. (BPMI Setpres/Lukas)


SANGALU
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantik Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sebagai Dewan Pengarah Badan Riset Nasional (BRIN).

Keputusan Presiden Jokowi itu ramai diperbincangkan. Bahkan, menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Salah satu yang menilai Presiden Jokowi tidak tepat dalam mengambil keputusan adalah Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra.

Baca Juga: Perubahan HPP, Sri Mulyani: Bukan Ketidaknyamanan, Melainkan Kemajuan Sistem Pajak Indonesia

Menurut Prof. Azyumardi Azra Dewan Pengarah BRIN seharusnya dipegang oleh peneliti berkaliber internasonal.

“Seharusnya Ketua dan anggota Dewan Pengarah BRIN adalah ilmuwan atau peneliti terkemuka berkaliber internasional jika serius BRIN mau melakukan riset atau inovasi unggul,” ujarnya, Rabu 13 Oktober 2021.

Dikutip dari Pikiran Rakyat dalam berita berjudul 'Soal Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN, Guru Besar UIN: Harusnya Ilmuwan, bukan Ketum Parpol' pada Rabu, 13 Oktober 2021, Azyumardi Azra menilai posisi Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN tidaklah tepat.

Baca Juga: Baim Wong Akhirnya Minta Maaf dan Ingin Temui Kakek Suhud Secara Langsung

Terlebih, Megawati sekarang merupakan ketua parpol yang tidak mempunyai kepakaran soal riset.

“Tidak pada tempatnya Ketua Dewan Pengarah BRIN ketum parpol yang tidak punya kepakaran soal riset dan inovasi, boleh jadi BRIN menjadi alat politik,” katanya.

Ia menjelaskan, BRIN dikhawatirkan bernasib sama seperti BPIP dan hanya menjadi partisipan saja.

Baca Juga: Polisi Musnahkan Satu Ton Cap Tikus dan Pabrik Miras di Banggai

“Harusnya Presiden Jokowi belajar dari kasus BPIP yang ketua dewan pengarahnya juga ketum parpol. Akibatnya BPIP menjadi partisan dan kehilangan trust publik. BRIN juga bakal bernasib sama seperti BPIP,” katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik mantan Presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri menjadi Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 13 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2.983 Proposal Masuk, Litapdimas Tahap Pertama Ditutup

Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:59 WIB

Indonesia Capai Vaksinasi 50,64 Persen

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:50 WIB
X