• Senin, 27 September 2021

Soal Potensi Gempa dan Tsunami Pacitan, LaNyalla: Siapkan Sistem Peringatan Dini

- Selasa, 14 September 2021 | 22:41 WIB
Simulasi masyarakat Pacitan hadapi skenario terburuk  gempa bumi dan tsunami. Soal Potensi Gempa dan Tsunami Pacitan, LaNyalla: Siapkan Sistem Peringatan Dini. (dok. BMKG)
Simulasi masyarakat Pacitan hadapi skenario terburuk gempa bumi dan tsunami. Soal Potensi Gempa dan Tsunami Pacitan, LaNyalla: Siapkan Sistem Peringatan Dini. (dok. BMKG)


SANGALU
– Sejak beberapa waktu lalu, BMKG sudah mengingatkan tentang ancaman gempa dan tsunami di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

BMKG telah mewanti-wanti hal ini kepada instansi terkait termasuk pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sebab, potensi tsunami di Pacitan setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit.

Menyikapi hal ini, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah siapkan sistem peringatan dini sekaligus skenario terbaik untuk melakukan penyelamatan terhadap potensi ancaman tsunami di Pacitan.

Baca Juga: Bupati Morowali Utara Lantik 16 Pejabat Eselon II, Berikut Daftar Nama dan Jabatannya

Berdasarkan hasil penelitian, selain memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit, genangan di darat berkisar antara 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4-6 kilometer dari bibir pantai.

“Menindaklanjuti hasil analisa BMKG tersebut, saya meminta pemerintah segera membuat skenario penyelamatan terbaik untuk meminimalisasi dampak yang ditimbulkan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Selasa, 14 September 2021.

Lebih lanjut, senator asal Jawa Timur itu menilai skenario penyelamatan bisa dilakukan sedini mungkin untuk mengantisipasi potensi yang bakal terjadi.

Baca Juga: Kode Redeem Free Fire FF 13 September 2021, Klaim Skin SKS dan Vector FFWS dari Garena

“Salah satunya dengan cara penyiapan sistem peringatan dini, lalu jalur-jalur evakuasi, titik kumpul hingga penyediaan transportasi untuk mobilitas warga menuju titik aman,” kata LaNyalla.

Untuk itu, LaNyalla meminta pemerintah melakukan pemetaan dengan baik sedini mungkin menyangkut pemetaan jalur penyelamatan dan kondisi masyarakat sekitar.

“Orangtua, perempuan, dan anak-anak harus menjadi prioritas penyelamatan. Hal ini harus dipikirkan dengan baik bagaimana teknis di lapangan nantinya,” katanya.

Baca Juga: Kode Redeem FF Free Fire 13 September 2021, Pilih M1887 Rapper Underworld Dan MP5 Meta Lava dari Garena

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga meminta agar informasi harus disampaikan sedetail mungkin kepada masyarakat, yang diprediksi terdampak bencana tersebut.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BUMN Berdikari Buka Rekrutmen, Berikut Kualifikasinya

Sabtu, 25 September 2021 | 16:21 WIB
X