• Sabtu, 18 September 2021

Indikator Penurunan PPKM, Menko Marves: Akselerasi Laju Vaksinasi di Seluruh Wilayah

- Selasa, 14 September 2021 | 11:15 WIB
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Tangkapan Layar Dokumen Kemenko Marves)
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Tangkapan Layar Dokumen Kemenko Marves)

SANGALU—Salah satu strategi hidup berdampingan dengan Covid-19 adalah mengakselerasi laju vaksinasi di seluruh daerah di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Terkini, dari Jakarta, Senin (13/09/2021) malam.

“Sebagai salah satu proses transisi untuk hidup bersama Covid-19, telah diputuskan untuk memasukkan indikator cakupan vaksinasi dalam evaluasi penurunan Level PPKM dari Level 3 ke Level 2 dan Level 2 ke Level 1 di Jawa-Bali,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

 Baca Juga: Semakin Membaik, Airlangga Hartarto: Tidak Ada Provinsi Level 4 di Luar Jawa-Bali

Indikator capaian vaksinasi, kata Menko Luhut, menjadi syarat turun dari Level 3 ke Level 2.

Menko Luhut menjelaskan, cakupan vaksinasi dosis pertama daerah tersebut harus mencapai 50 persen, dan cakupan vaksinasi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) harus mencapai 40 persen.

Sementara, kata Menko Luhut, untuk bisa turun ke Level 1, indikatornya adalah cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

 Baca Juga: Kasus Harian Positif Covid-19 di Sulteng Menurun, 6 Daerah Catat Kumulatif Pasien Meninggal di Atas 100 Kasus

“Untuk kota-kota yang saat ini berada pada Level 2 akan diberikan waktu selama dua minggu untuk dapat mengejar target pada poin di atas. Jika tidak bisa mencapai maka akan dinaikkan statusnya kembali pada Level 3,” tegasnya, dikutip dari laman kominfo, Senin 13 September 2021.

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandiaga Uno: Jogo Santri, Jogo Kyai

Sabtu, 18 September 2021 | 09:38 WIB
X