• Sabtu, 18 September 2021

Simak Tips Persiapan Mengikuti Seleksi Kompetensi Guru PPPK dari Psikolog, 3 Komponen Ini Mesti Jadi Perhatian

- Senin, 13 September 2021 | 16:30 WIB
Simak Tips Persiapan Mengikuti Seleksi Kompetensi Guru PPPK dari Psikolog. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Simak Tips Persiapan Mengikuti Seleksi Kompetensi Guru PPPK dari Psikolog. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)


SANGALU
-  Para pelamar Seleksi Kompetensi PPPK mulai mempersiapkan diri. Namun, jangan abaikan sejumlah hal agar bisa lolos tahun 2021.

Persiapan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi, beberapa hal menjadi perhatian. Sejumlah tips dari psikolog untuk persiapan mengikuti Seleksi Kompetensi Guru PPPK berikut ini wajib disimak.

Setidaknya 3 kompenen dalam diri peserta Seleksi Kompetensi Guru PPPK patut diperhatikan, sehingga dapat diolah dengan baik.

Menurut psikolog dari Lembaga Cahaya Hati, Nurina, secara psikologis, persiapan dibutuhkan para peserta untuk mengatur afeksi atau perasaan. 

Baca Juga: Cek Situs info.gtk.kemendikbud.go.id untuk Ketahui Jadwal Cair BSU Guru Honorer

Hal inilah yang akan mendorong peserta untuk mempersiapkan diri secara lebih baik menjelang ujian. Lebih lanjut ia mengatakan, dari pandangan psikologi, manusia memiliki tiga komponen di dalam diri. Pertama, komponen kognitif atau komponen berfikir.

Kedua, komponen afektif atau kemampuan mengelola perasaan. Ketiga, kemampuan konatif atau kecenderungan diri untuk berprilaku.

Tips ini disampaikan Nurina dalam webinar webinar persiapan Seleksi Kompetensi calon Guru PPPK pada  Kamis, 9 September 2021.

Baca Juga: Kode Redeem Free Fire FF 13 September 2021, Klaim Skin SKS dan Vector FFWS dari Garena

Nurina menyebut, jika hal tersebut ditata dan dikelola dengan baik maka artinya kesuksesan sudah dalam genggaman individu yang bersangkutan.

“Persiapan secara kognitif, yang diandalkan pertama kali adalah kemampuan berpikir kita. Belajar yang diiringi dengan ketenangan batin, dan disertai dengan rasa optimis,” katanya.

“Secara emosi, ada baiknya cari ruang untuk mengkomunikasikan perasaan tidak nyaman, sehingga ketika menjalani ujian tidak terbebani oleh masalah psikis lainnya. Kemudian, secara konatif atau kecenderungan berperilaku, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu pembiasaan perilaku yang positif, yakni teman-teman maupun calon peserta seleksi ASN tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nurina memberikan tips khusus kepada peserta menjelang ujian.

Baca Juga: Sekolah di Kabupaten Banggai Diizinkan Laksanakan Belajar Tatap Muka, Simak Aturan Lengkapnya

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandiaga Uno: Jogo Santri, Jogo Kyai

Sabtu, 18 September 2021 | 09:38 WIB
X