• Sabtu, 18 September 2021

Layanan BPJS Kesehatan, Pasien Thalassemia Mayor dan Hemofilia Cukup Perpanjang Surat Rujukan di Rumah Sakit

- Senin, 13 September 2021 | 13:58 WIB
Peresmian Call Center 165, Simplifikasi rujukan Thalasemia dan Hemofilia serta Jurnal JKN, Senin 13 September 2021. (SANGALU/Ist)
Peresmian Call Center 165, Simplifikasi rujukan Thalasemia dan Hemofilia serta Jurnal JKN, Senin 13 September 2021. (SANGALU/Ist)

SANGALU—Selain perubahan nomor Care Center, BPJS Kesehatan juga menghadirkan kemudahan akses pelayanan dan administrasi bagi peserta JKN-KIS.

Kemudahan atau simpflikasi ini juga terkhusus diberikan kepada penyandang thalassemia mayor dan hemofilia, yang menjalani terapi rutin transfusi darah, obat antihemofilia, dan obat kelasi besi di rumah sakit.

Kemudahan ini membuat penyandang thalasemia mayor, tak perlu lagi mengujungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk memperbarui surat rujukannya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan Inovasi Terbaru

Sesuai mekanisme yang berlaku saat ini, surat rujukan peserta JKN-KIS yang menjalani perawatan thalassemia mayor dan hemofilia berlaku selama 90 hari.

Jika masa berlakunya habis, maka peserta JKN-KIS harus mengunjungi FKTP untuk kembali mendapatkan surat rujukan ke rumah sakit.

Dengan adanya simplifikasi layanan, nantinya surat rujukan tersebut bisa langsung diperpanjang oleh pihak rumah sakit melalui aplikasi V-Claim.

Baca Juga: Mudahkan Layanan untuk Masyarakat, BPJS Kesehatan Care Center 1500400 Secara Bertahap Diganti Jadi 165

”Prosesnya pun cepat, hanya dalam hitungan menit,”  jelas Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati, dalam rilis media, Senin 13 September 2021.

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandiaga Uno: Jogo Santri, Jogo Kyai

Sabtu, 18 September 2021 | 09:38 WIB
X