• Senin, 27 September 2021

Dibangun 1972, Lapas Kelas I Tangerang yang Over Capacity akan Direnovasi

- Minggu, 12 September 2021 | 09:30 WIB
 Dibangun 1972, Lapas Kelas  I Tangerang yang Over Capacity akan Direnovasi. (Dok Kemenkumham)
Dibangun 1972, Lapas Kelas I Tangerang yang Over Capacity akan Direnovasi. (Dok Kemenkumham)


SANGALU
- Lapas Kelas I Tangerang dilanda kebakaran pada Rabu, 8 September 2021, yang mengakibatkan 44 narapidana meninggal dunia.

Lokasi kebakaran berada di blok C Lapas Kelas I Tangerang. Untuk mengembalikan seperti semula, Kementerian Hukum dan HAM akan direnovasi.

Lapas Kelas I Tangerang sudah saatnya direnovasi karena dibangun sejak tahun 1972. Adapun kondisinya saat ini sudah over capacity.

Baca Juga: Kode Redeem Free Fire FF 10 September 2021, Dapatkan Black Turtleneck Gratis dari Garena

Kepala bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti menerangkan renovasi terhadap Lapas Kelas I Tangerang akan dilakukan seiring dengan kondisi yang saat ini yakni over capacity terhadap hunian narapidana.

“Lapas yang harus terisi 600 orang, ini ada 2.069 orang. Begitu juga dengan blok C yang harus diisi 38 orang namun saat kejadian ada 122 orang. Maka itu renovasi akan segera dilakukan,” kata Rika.

Kemudian Kemenkumham juga akan terus menjaga kondusifitas di Lapas Kelas I Tangerang pascakejadian, misalnya saja pemberian pengobatan kepada napi yang luka serta trauma healing.

Baca Juga: Sekolah di Kabupaten Banggai Diizinkan Laksanakan Belajar Tatap Muka, Simak Aturan Lengkapnya

“Kita berikan trauma healing ini kepada semua napi," kata Rika seperti dikutip dari Pikiran Rakyat dalam berita berjudul 'Kondisi Over Capacity, Kemenkumham Pastikan Segera Renovasi Lapas Kelas 1 Tangerang' pada Sabtu, 11 September 2021.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan, jika penyebab kebakaran karena korsleting listrik dan dirinya juga mengakui bahwa selama ini tak adanya perawatan instalasi listrik.

Sejak dibangun tahun 1972, hanya dilakukan penambahan daya, namun untuk instalasi tak ada perawatan sehingga menjadi dugaan sementara pemicu kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. *** (Nurul Khadijah/Pikiran Rakyat)

Editor: Alisan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BUMN Berdikari Buka Rekrutmen, Berikut Kualifikasinya

Sabtu, 25 September 2021 | 16:21 WIB
X