21 Rumah Rusak Akibat Gempa Tojo Una-Una

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 02:06 WIB
Sebanyak 21 rumah warga Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng, yang mengalami kerusakan akibat gempa pada Kamis, 26  Agustus 2021.  (Dokumentasi BPBD Tojo Una-una)
Sebanyak 21 rumah warga Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng, yang mengalami kerusakan akibat gempa pada Kamis, 26 Agustus 2021. (Dokumentasi BPBD Tojo Una-una)


SANGALU
– Sebanyak 21 rumah warga Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami kerusakan.

Rumah rusak itu dampak dari gempa yang mengguncang pada Kamis, 26 Agustus 2021 pukul 09.14 WIB.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menerangkan, BPBD Kabupaten Tojo Una-Una mencatat total rumah rusak sebanyak 21 unit, dengan rincian rumah rusak berat 2 unit, rusak sedang 1 unit dan rusak ringan 18 unit.

Baca Juga: Kemensos Alokasikan Rp 11,1 Triliun untuk Anak Yatim Piatu Tahun 2022

“Kerusakan juga juga terjadi pada fasilitas umum berupa rumah sakit rusak ringan 1 unit dan masjid rusak ringan 1,” jelas Muhari dalam siaran pers BNPB.

Berdasarkan kaji cepat, kata  Muhari, data BPBD Tojo Una-Una pada Kamis 26 Agustus  2021 pukul 14.20 WIB wilayah terdampak tersebar di tujuh desa atau kelurahan di tiga kecamatan.

Pertama di Desa Pusungi di Kecamatan Ampana Tete, kemudian Kelurahan Uentanaga Atas, Muara Toba, dan Dondo Barat di Kecamatan Ratolindo, terakhir di Kelurahan Bailo, Ampana dan Labiabae di Kecamatan Ampana Kota.

Baca Juga: Tidak Cuma APBN, Pemda Diminta Alokasikan Bansos dari APBD untuk Penanganan Covid-19

Sebelumnya diinformasikan 1 warga Tojo Una-Una meninggal dunia akibat tertimpa bangunan yang roboh.

Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,8 terjadi pada kedalaman 10 kilometer dan berpusat 44 kilometer barat laut Kabupaten Tojo Una-Una.

Dilihat dari analisis kondisi geologi, wilayah Tojo Una-Una merupakan perbukitan bergelombang hingga terjal, lembah, dan dataran pantai.

Baca Juga: Realisasi KUR di Sulteng, Buol Lebih Besar dari Banggai

Sedangkan daerah Kecamatan Ampana, wilayah ini berupa dataran pantai yang tersusun oleh endapan kuarter.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X