Satu Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Bumi di Tojo Una-una

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 13:29 WIB
Salah satu rumah warga yang terdampak gempa bumi dengan magnitudo 5,8 di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Kamis, 26 Agustus 2021.  (SANGALU/Ist)
Salah satu rumah warga yang terdampak gempa bumi dengan magnitudo 5,8 di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Kamis, 26 Agustus 2021. (SANGALU/Ist)


SANGALU
- Gempa bumi di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah mengakibatkan satu orang korban meninggal.

Dilansir dari BNPB, Data sementara pada Kamis 26 Agustus 2021 per pukul 10.50 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Una-Una melaporkan satu warga meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah.

BPBD Tojo Una-una juga melaporkan bahwa Korban meninggal dunia tersebut telah dievakuasi  para petugas.

Baca Juga: PPKM Level 4 Kabupaten Banggai Lanjut Hingga 6 September, Bupati Amirudin Sampaikan 15 Poin Berikut Ini

Di samping itu, tim reaksi cepat (TRC) BPBD setempat juga menginformasikan adanya warga yang mengungsi ke dataran tinggi. Petugas di lapangan masih mendata dampak pengungsian maupun kerusakan rumah warga.

Gempa bumi dengan magnitudo 5,8 terjadi dengan pusat 44 kilometer barat laut Kabupaten Tojo Una-Una. Fenomena ini berlangsung pada Kamis 26 Agustus 2021, sekitar pukul 09.14 WIB. Pascagempa petugas BPBD setempat melakukan pengecekan lapangan.

Laporan awal yang diterima Pusat Pengendalian Operasi BNPB, masyarakat setempat panik hingga keluar rumah ketika terjadi gempa. Mereka merasakan guncangan sedang selama 3 detik.

Baca Juga: Dilepas Bupati Amirudin, Golkar Banggai Distribusikan 2.300 Paket Sembako, Prioritas untuk Warga Isoman

BMKG merilis parameter gempa bumi terjadi pada kedalaman 10 km. Berdasarkan pemodeman, gempa bumi ini tidak memicu terjadinya tsunami.

Sementara itu, gempa bumi ini terasa hingga di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kabupaten Tojo Una-una dan Banggai berjarak ratusan kilometer. ***

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X