• Senin, 28 November 2022

Gelar Community Emergency Drill, Irwan Gasgoro: Pelibatan Masyarakat dalam Tanggap Darurat Baru 2 di Indonesia

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:40 WIB
JOB Tomori, BPBD Kabupaten Banggai, Destana Sinorang dan Paisubuloli, melaksanakan community emergency drill di Pantai Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Rabu 5 Oktober 2022. (DOK SANGALU)
JOB Tomori, BPBD Kabupaten Banggai, Destana Sinorang dan Paisubuloli, melaksanakan community emergency drill di Pantai Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Rabu 5 Oktober 2022. (DOK SANGALU)

SANGALU—Selain sosialisasi kebencanaan, JOB Tomori, perusahaan di bawah pengawasan SKK Migas, bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Banggai juga melaksanakan community emergency drill di Pantai Sinorang, Kecamatan Batui Selatan.

Kegiatan community emergency drill dan simulasi bencana ini, dilaksanakan pada Rabu 5 Oktober 2022. 

Kegiatan ini melibatkan pengurus Desa Tangguh Bencana (Destana) Sinorang dan Paisubuloli.

QHSE Senior Manager JOB Tomori, Irwan Gasgoro, mengatakan, pelaksanaan kegiatan kedaruratan ini penting. Meskipun tidak diharapkan terjadi dan belum tentu juga terjadi, tetapi sebagai manusia perlu siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

Baca Juga: Pemkab Banggai dan BPJS Kesehatan Teken Komitmen Pilot Project E- Dapen

Ia mengatakan, BPBD Banggai telah melakukan kajian tentang wilayah yang berisiko bencana.

Dari kajian BPBD itulah pihaknya memberikan pembekalan maupun sosialisasi mengenai keadaan kedaruratan. 

“Kedaruratan merupakan keadaan yang tidak kita harapkan, datangnya pasti tiba-tiba, dan dapat menyebabkan kerusakan, cedera dan bahkan fatality atau korban meninggal dunia," katanya.

Sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Pemadaman Api, sosialisasi kebencanaan, kemudian ditindaklanjuti dengan simulasi penanganan bencana.

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Sastra Banggai, Jurnalisme Bencana, dan Gempa

Sabtu, 26 November 2022 | 20:33 WIB
X