• Kamis, 6 Oktober 2022

Riset UMI Makassar: Diklat Kepemimpinan Pengaruhi Peningkatan Inovasi ASN Pemkab Banggai

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:09 WIB
Seminar draf akhir penelitian yang digelar UMI Makassar di kantor Bapedda Litbang Banggai pada Selasa, 9 Agustus 2022. (SANGALU/HO-Bagian Prokopim Banggai)
Seminar draf akhir penelitian yang digelar UMI Makassar di kantor Bapedda Litbang Banggai pada Selasa, 9 Agustus 2022. (SANGALU/HO-Bagian Prokopim Banggai)

SANGALU - Selain riset potensi pendapatan asli daerah, Universitas Muslim Indonesia atau UMI Makassar juga melakukan penelitian terkait sumber daya ASN di lingkungan Pemda Banggai.

Hasilnya, menunjukkan adanya pengaruh antara Diklat Kepemimpinan dan peningkatan inovasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Banggai.

Karena itu, peningkatan inovasi dan kualitas sumber daya ASN di Kabupaten Banggai perlu ditunjang dengan Diklat Kepemimpinan pada semua jenjang atau tingkatan. 

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Suaka Margasatwa Lombuyan di Kabupaten Banggai, Ada Potensi Wisata Berupa Gua Karst Betan

Hasil penelitian yang dilaksanakan April hingga Agustus 2022 itu dipaparkan dalam seminar draft akhir penelitian di kantor Bappeda Litbang Banggai pada Rabu, 11 Agustus 2022.

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin menyambut baik hasil penelitian dari tim riset yang dipimpin oleh guru besar UMI Makassar, Prof. Niniek F. Lantara ini. 

"Tentunya ini akan jadi masukan dan bahan pertimbangan kami dalam mengambil kebijakan, khususnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya ASN di Kabupaten Banggai," ujar Wakil Bupati Furqanuddin Masulili. 

Baca Juga: Awasi Orang Asing, Imigrasi Luwuk Perkuat Koordinasi dengan TIMPORA

Dalam riset ini, selain mendata jumlah ASN yang mengikuti Diklat Kepemimpinan di semua level sejak 2018 sampai 2022, tim riset juga mencatat beberapa indikator inovasi seperti kreativitas, semangat kerja, keahlian, gaya berpikir, dan penguasaan teknologi informasi. 

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Banggai Laksanakan Bimtek Keamanan Pangan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:52 WIB

Jalan Sepanjang 12 Km Itu Sepi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 10:38 WIB
X