• Sabtu, 13 Agustus 2022

Memikat, Moilong Miliki Wisata Pelangi Pantai Pinus Berpasir Hitam

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:16 WIB
Lokasi wisata Pelangi Pantai Pinus, Desa Moilong, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.  (Dok Sangalu)
Lokasi wisata Pelangi Pantai Pinus, Desa Moilong, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. (Dok Sangalu)

 

SANGALU—Garis pantai di wilayah Toili Kabupaten Banggai memiliki karakteristik yang berbeda dengan wilayah Luwuk dan Tompotika.

Selain keberadaan Pantai Makapa, Toili Barat, yang sudah dikenal. Terdapat pantai lain yang tak kalah memikat di wilayah Kecamatan Moilong, Pantai Tanjung Moilong, di wilayah Desa Moilong.

Pantai di daratan Toili ini cenderung hitam, karena karakteristik pasirnya yang hitam. Namun, pantainya sangat landai dan permukaannya relatif datar. Tak heran jika banyak di antara pantai itu dijadikan lokasi wisata.

Salah satunya, pantai Tanjung Moilong, Desa Moilong yang menarik untuk menjadi lokasi wisata. Pengunjung akan benar-benar merasakan suara ombak yang terdengar pelan memecah pantai. Atau sepoi angin laut yang berembus pelan di antara teduh pohon pinus—menyapu kepala dengan kesejukannya.

 Baca Juga: Bantu Warga Atasi Kelangkaan Pupuk, Mahasiswa KKN Unismuh Luwuk Banggai Lakukan Pendampingan Pembuatan POC

Meskipun fasilitasnya sangat sederhana, di Pantai Moilong pengunjung dapat menikmati suguhan kuliner lokal. Pengunjung bisa memesan pisang goreng, menyeruput kopi dan teh, serta minuman ringan lainnya sembari merasakan suasana teduh di pantai.

Lokasi pantai wisata ini berada di antara Pantai Wisata Beringin yang kurang terawat dan muara sungai Moilong yang menjadi batas antara tambak, warung–warung kuliner warga dengan padang ilalang luas di seberang sungai.

Pantai Tanjung Moilong atau disebut juga Pelangi Pantai Pinus merupakan lokasi wisata yang dikelola masyarakat desa.

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X