• Sabtu, 13 Agustus 2022

SAKIP Banggai Tahun 2021 Mengalami Penurunan, 4 Komponen Penilaian Terkoreksi

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:29 WIB
Rapat penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP Kabupaten Banggai pada Rabu, 3 Agustus 2022. Nilai SAKIP Banggai tahun 2021 mengalami penurunan. (SANGALU/Alisan)
Rapat penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP Kabupaten Banggai pada Rabu, 3 Agustus 2022. Nilai SAKIP Banggai tahun 2021 mengalami penurunan. (SANGALU/Alisan)


SANGALU
– Capaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP Kabupaten Banggai mengalami penurunan tahun 2021. Meskipun masih mendapat predikat AA.

Hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh KemenPAN-RB, sehingga para kepala OPD diminta untuk melakukan pembenahan.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Banggai Ramli Tongko memaparkan terdapat sejumlah hal yang menjadi penyebab nilai SAKIP Banggai 2021 menurun.

Baca Juga: Spirit Tagar Mobilisasi Berkemajuan, Mahasiswa Unismuh Luwuk Banggai Terus Ukir Prestasi

“Mengalami penurunan dari 81,74 nilai kita, menjadi 80,54,” ujar Ramli Tongko saat penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP Kabupaten Banggai pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Ramli memaparkan, terdapat 5 komponen yang dinilai oleh KemenPAN-RB, yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal, dan capaian kinerja.

“Dari 5 komponen ini, 4 komponen mengalani penurunan nilai, yang naik hanya 1, yaitu pada perencanaan kinerja,” ujar dia.

Baca Juga: SKK Migas Tawarkan Proyek Kilang Blok Masela pada Perusahaan di 15 Negara

Menurut Ramli, penurunan nilai ini menjadi tantangan pemerintah Kabupaten Banggai untuk meningkatkan nilai SAKIP.

“Ini memang masih sangat berisiko terjadi penurunan angka karena belum aman A-nya masih  sangat kurus,” katanya.

Halaman:

Editor: Alisan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X