• Sabtu, 13 Agustus 2022

Jalankan Proker Pembuatan MOL, Mahasiswa KKN Posko Desa Lampa Banggai Laut Libatkan Pemuda

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:59 WIB
Program kerja (Proker) mahasiswa KKN-MB Posko Desa Lampa Kabupaten Banggai Laut yang dilakukan bersama pemuda adalah pembuatan MOL.  (SANGALU/Dok Ist)
Program kerja (Proker) mahasiswa KKN-MB Posko Desa Lampa Kabupaten Banggai Laut yang dilakukan bersama pemuda adalah pembuatan MOL. (SANGALU/Dok Ist)

 

SANGALU—Mahasiswa KKN-MB Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, Posko Desa Lampa, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut (Balut) mengerjakan program kerjanya bersama masyarakat sekitar dalam hal ini pemuda Tinakin Darat.

Program kerja (Proker) mahasiswa KKN-MB Posko Desa Lampa yang dilakukan bersama pemuda adalah pembuatan MOL (mikroorganisme lokal). Proker ini dilaksanakan pada, Rabu 3 Agustus 2022.

Kegiatan pembuatan MOL ini berlangsung di Sekret Pemuda Tinakin Darat, Desa Lampa, Kecamatan Banggai, Kabupaten Balut.

Pembuatan MOL oleh mahasiswa KKN-MB menggunakan bahan baku bonggol pisang. MOL berfungsi untuk menyuburkan tanaman.

 Baca Juga: Ini Penyebab Benyamin Pongdatu Dinonaktifkan Sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banggai

Khaerullah Sukulani, Selaku Sekretaris KKN-MB Posko Desa Lampa, menyebut bahwa kegiatan pembuatan MOL diawali dengan menyiapkan bonggol pisang, air beras, dan wadah.

Selanjutnya, kata dia, bonggol pisang  dipotong-potong dan ditumbuk. Setelah cukup halus, dimasukkan gula merah yang telah diiris  ke dalam air beras yang sudah ada dalam wadah.

Dalam campuran tersebut, masukkan m4 dan bonggol pisang.

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X