• Kamis, 19 Mei 2022

UMLB Kerja Sama dengan JOB Tomori Rehabilitasi Terumbu Karang di Sinorang Pantai

- Senin, 24 Januari 2022 | 18:22 WIB
UMLB bekerja sama dengan JOB Tomori melaksanakan rehabilitasi terumbu karang di Sinorang Pantai Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.  (SANGALU/Dok Samsu Adi Rahman)
UMLB bekerja sama dengan JOB Tomori melaksanakan rehabilitasi terumbu karang di Sinorang Pantai Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai. (SANGALU/Dok Samsu Adi Rahman)

 

SANGALUUniversitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) dan JOB Tomori melaksanakan kerja sama kegiatan rehabilitasi terumbu karang di Sinorang Pantai Kecamatan Batui Selatan Kabupaten Banggai.

Ketua Sumber Daya Pesisir dan Maritim Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, Dr Samsu Adi Rahman, mengatakan, kegiatan rehabilitasi terumbu karang yang direncanakan berlangsung selama 4 bulan ini merupakan salah satu rekomendasi dari hasil kajian ekologi dan habitat penyu tahun 2021 oleh UMLB.

Salah satu poinnya adalah perbaikan terumbu karang yang telah mengalami degradasi yang disebabkan illegal fishing.

 Baca Juga: Dukung Perkembangan Jasa Konstruksi, Kementerian PUPR Lakukan Relaksasi Izin Usaha

Kerusakan terumbu karang menyebabkan penyu melakukan migrasi untuk mencari makan karena karang merupakan habitat dari salah satu penyu maupun biota lainnya.

Hal ini tidak bisa dibiarkan, sebab penyu maupun biota laut lainnya akan mengalami migrasi total.

Samsu Adi Rahman menerangkan, rehabilitasi terumbu karang di Sinorang Pantai merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki ekosistem terumbu karang, meningkatkan keanekaragaman ikan, dan memperbaiki fungsi terumbu karang.

 Baca Juga: Jembatan Gantung Girpasang Diresmikan, Tak Hanya Pangkas Jarak Tapi Juga Jadi Tempat Wisata

Halaman:

Editor: Haris Ladici

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Satu Lagi Dosen UMLB segera Raih Gelar Doktor

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:45 WIB
X