• Senin, 18 Oktober 2021

Pria Asal Buol Sulawesi Tengah Ini Terpisah 11 tahun dari keluarga, Sempat Menggelandang di Surabaya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:08 WIB
Pria Asal Buol, Sulawesi Tengah Terpisah 11 tahun dari keluarganya, Hilang Kesadaran Sempat Menggelandang di Jalan (Kemensos)
Pria Asal Buol, Sulawesi Tengah Terpisah 11 tahun dari keluarganya, Hilang Kesadaran Sempat Menggelandang di Jalan (Kemensos)


SANGALU
- Pria ini asal Buol, Sulawesi Tengah terpisah selama 11 tahun dari keluarga. Hilang kesadaran dan sempat menggelandang di jalan.

Dia adalah SZU (35), yang meninggalkan rumahnya di Buol, Sulawesi Tengah untuk bekerja sebagai buruh bangunan di Toli-Toli.

SZU dipertemukan kembali dengan keluarganya melalui program Balai Phala Martha di Sukabumi.

Baca Juga: Baim Wong Akhirnya Minta Maaf dan Ingin Temui Kakek Suhud Secara Langsung

Program itu bernama reunifikasi dan terminasi layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial berbasis residensial kepada penerima manfaat di Gorontalo.

Ceritanya, setelah bekerja sebagai buruh bangunan di Toli-Toli, SZU melanjutkan bekerja di Balikpapan. Kemudian SZU mengikuti ajakan temannya untuk mengerjakan proyek di Surabaya.

Diduga karena gangguan kejiwaannya kambuh, SZU kehilangan kesadaran akan dirinya. Alat komunikasi serta kartu tanda pengenalnya pun raib.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Megawati Sebagai Dewan Pengarah BRIN: Prof. Azyumardi Azra: Bernasib Sama seperti BPIP

Dikutip dari laman resmi Kemensos, Ia kemudian hidup menggelandang di jalanan, sampai akhirnya mendapatkan perawatan dan layanan di UPTD Liponsos Keputih Surabaya.

SZU lalu dirujuk untuk menjalani rehabilitasi sosial di Balai Phala Martha Sukabumi pada akhir Maret 2021.

Selama mendapatkan layanan di Balai, kondisi kesehatan mentalnya berangsur membaik. Walaupun cenderung pasif dalam berkomunikasi, ia mampu mengikuti berbagai kegiatan di Balai dan mengikuti terapi keterampilan sablon.

Baca Juga: Polisi Musnahkan Satu Ton Cap Tikus dan Pabrik Miras di Banggai

Selain melakukan evaluasi perkembangan SZU, Pekerja Sosial terus berupaya menelusuri keberadaan keluarganya.

Dari hasil penelusuran tersebut, diperoleh informasi bahwa SZU masih memiliki keluarga yaitu kakak kandungnya di Buol, Sulawesi Tengah. Selain itu, diketahui juga keberadaan adik kandung, serta paman dan tantenya di Gorontalo.

Halaman:

Editor: Alisan

Sumber: kemensos.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X